Mangrove Park tempat untuk bersantai di akhir pekan bersama orang tercinta

Selamat sore.. Kayaknya sore-sore gini enaknya jalan-jalan ke pantai atau ke taman mangrove gitu yaa guys. Sambil menikmati senja di ufuk barat. 

Sudah tidak asing dong yaa dengan taman atau hutan mangrove? Fix, karena sekarang itu lagi hits banget di kalangan anak-anak muda jaman sekarang untuk sekedar bersantai atau sekedar foto-foto. Tapi memang bener siih kalau tempat wisata seperti hutan mangrove ini asik banget untuk dijadikan tempat nongkrong bareng temen atau piknik bareng keluarga gitu.

Mangrove Park Pekalongan
Mangrove Park Pekalongan via jatengprov.go.id
Seperti di Pekalongan yang memberikan rekomendasi tempat wisata Mangrove Park namanya. Pengalaman saya pertama kali saat diajak ke sini sama temen-temen saya. Saat baru pertama kali saya mengenal Pekalongan, waktu itu saya tidak tahu dimana saja tempat-tempat nongkrong atau tempat jalan-jalan yang asik, pastinya selain cafe dan mall yaah, hehee..

Saya diajak muter-muter ke pantura setelah itu ke Museum Batik, ternyata sampailah saya pada tempat yang sepertinya tidak asing. Saya kira mau ke pantai, ternyata ke Mangrove Park. Jujur ini pertama kalinya siih saya ke Mangrove Park, karena di daerah asal saya waktu itu belum ada wisata seperti ini. Sedikit bingung karena tiba-tiba diajakin ke sini, tapi saya seneng banget, karena pas cuaca hari itu lagi cerah.

Akses Lokasi
Perjalanan menuju Mangrove Park ini tidaklah sulit dan tidak butuh waktu yang lama. Kita hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari jalur pantura Kota Pekalongan. Jika kita mulai perjalanan dari pantura bagian barat maka akan lebih cepat sampai ke Mangrove Park, yaitu lewat Jalan Veteran atau yang lebih sering disebut dengan daerah Kraton. Kemudian lurus ke utara kalian akan melihat RSUD Kraton, kemudian lurus lagi setelah menemukan pertigaan lampu merah belok kanan di Jalan Tentara Pelajar.

Taman Mangrove
Taman Mangrove via ahmadpajalibinzah.com
Kemudian ada pertigaan belok kiri, lurus terus ke utara di Jalan Kusuma Bangsa sampai menemukan Masjid Besar Walisongo belok kiri, di Jalan Samudra Pasai akan melewati perkampuangan. Setelah itu belok kanan di Jalan Kunti Utara. Tidak lama kalian akan sampai di Mangrove Park.

Namun, jika kalian dari arah timur, kalian bisa lewat jalur dari Museum Batik Pekalongan. Kemudian menuju ke arah Pantai Pasir Kencana, lalu belok kiri di jalan depan gerbang masuk Pantai Pasir Kencana lurus di Jalan Kunti Utara. Setelah di ujung Jalan Kunti Utara belok kiri lagi, dan sampai sudah di Mangrove Park.

Harga Tiket Masuk
Setelah sampai di lokasi, tidak ada biaya tiket masuk, hanya ada biaya parkir kendaraan. Untuk motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000,- dan untuk mobil Rp 5.000,-. Murah sekali yaa guys. Kalian bisa melihat pemandangan hutan mangrove ini dari gazebo apung yang dibuat panjang agar bisa berjalan kaki atau sekedar duduk-duduk. 

Pintu Masuk Magrove Park
Pintu Masuk Magrove Park via selsely.blogspot.com
Disini tidak hanya sekedar tempat nongkrong, tapi juga sebagai tempat wisata edukasi untuk anak-anak. Karena adanya fasilitas seperti perpustakaan, ruang diskusi, galeri hutan mangrove, dan lahan untuk pembibitan, persemaian, dan penanaman pohon mangrove. Jadi tidak hanya untuk sekedar bersantai-santai saja, anak-anak juga bisa belajar tentang budidaya pohon mangrove.

Daya Tarik
Pada jalan setapak yang disediakan, pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan yang indah dari hutan mangrove yang rindang dan hijau. Tersedia juga banana boat untuk kalian yang ingin berwisata air mengelilingi hutan mangrove ini. Biaya yang dikenakan untuk banana boat ini, yaitu sebesar Rp 10.000,- per orang.

banana boat
banana boat via alvianfoto.wordpress.com
Kalian akan disuguhi dengan pemandangan dari berbagai tanaman bakau yang ada disini dari dekat. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah saat kalian melewati lorong cinta. Lorong cinta ini adalah sederetan tanaman bakau yang membentuk sebuah lorong, karena tumbuh dengan subur dan rimbun.

banana boat
Lorong Cinta via alvianfoto.wordpress.com
Masih ada banyak lagi wahana dan spot-spot keren yang bisa kalian nikmati disini, seperti melihat pemandangan dari menara pandang. Waah kalian pasti penasaran kan seperti apa asiknya berwisata di Mangrove Park Pekalongan? Ayoo buruan kesini.. 

Jangan lupa untuk membawa kamera yaa, karena saat sore hari kalian bisa melihat sunset yang indah disini (jika cuaca cerah). Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan yaa. See you tomorrow..

Komentar