Motif Batik Khas Pekalongan yang sangat melegenda

Pekalongan memang menyimpan berbagai keunikan yang memiliki ciri khas khusus, salah satunya karya batik Pekalongan yang sudah mendunia. Batik Pekalongan memang sudah di kenal diberbagai penjuru bahkan kota Pekalongan telah di kenal sebagai salah satu Kota Batik yang terbaik. Maka dari itu hasil dari para pengarajin batik sangat lah khas dan mempunyai kualitas yang sangat  bagus bahkan sudah melegenda. 

Batik Pekalongan tidak hanya memiliki satu motif saja, namun ada beberapa motif yang sangat melegenda dan sudah banyak di gemari masyarakat pada umumnya. Ada 4 motif batik khas Pekalongan yang sangat melegenda yaitu.

1. Motif Batik Liong
Motif Batik Liong
Motif Batik Liong via masbidin.net
Pekalongan merupakan daerah yang tidak hanya di huni oleh satu etnik saja, bukan hanya jawa namun ada salah satu etnik yang memiliki peran dalam motif batik yang dibuat oleh para pengerajin batik yaitu etnik tiongkok. Motif batik yang satu ini memiliki ciri khas khusus yang membedakan dengan batik yang lainnya, dari motif yang menggambarkan ada dua binatang yaitu burung phoenix dan naga. Kedua binantang tersebut yang diyakini memiliki makna akan kesuburan, kebaikan bahkan kemakmuran, jadi harapannya dengan memakai batik tersebut akan membawa dampak yang sama.

2. Motik Batik Jlamprang
Motik Batik Jlamprang
Motik Batik Jlamprang via indonesiabatik.id
Motif batik jlamprang merupakan salah satu motif batik yang menjadi iconix di Pekalongan karena motifnya yang sudah di kenal oleh masyarakat sejak jaman dahulu. Ciri khas dari motif batik jlamprang ini memiliki corak yang dua warna bahkan lebih, motik yang berupa kotak geomotris bahkan titik titik saja namun pola tersebut memiliki makna yang dalam.

Motif batik jlamprang ini lebih berpengaruh oleh budaya islam, karena di dalam pembuatannya pola yang ada hanya berupa titik, kotak, lingkaran dan bentuk-bentuk lain yang tidak menggambarkan sebuah bentuk hewan atau makluk hidup karena memang dilarang dalam ajarannya.

3. Motif Batik Tulis
Motif Batik Tulis
Motif Batik Tulis via batikshuniyya.wordpress.com
Motif batik tulis pekalongan memiliki ciri khas yang berbeda dengan batik tulis dengan daerah lainnya. Setiap daerah memiliki perbedaan yang menjadi ciri khas dan keunikannya.  Motik batik tulis pekalongan ini ciri khas nya kaya akan warna dan lebih naturalis. Jadi batik tulis ini sangat banyak di gemari oleh masyarakat karena kualitasnya yang sangat bagus.

4. Motif Batik Semen
Motif Batik Semen
Motif Batik Semen via batik.or.id
Motif batik semen merupakan motif batik yang penampilannya hampir sama dengan motif batik dari jogja. Motif batik pekalongan memiliki ciri khas yang sangat klasik, ornament pendukungan seperti gambar garuda atau makluk hidup lain seperti tumbuhan. Simbol yang dugunakan diharapkan memberikan hal yang baik bagi para pemakainya.

Nah, itulah motif batik yang sangat melegenda di daerah Pekalongan, sampai saat ini masih banyak di gemari oleh semua kalangan masyarakat pada umumnya dari yang muda sampai yang tua. Perkembangan jaman membawa dampak yang sangat berpengaruh pada motif batik yang ada sekarang banyak karya-karya baru yang ada di Pekalongan dalam hal batik.

Sehingga banyaknya motif batik baru yang bermunculan saat ini, namun tidak menghilangkan motif batik yang sudah melegenda. Motif batik tersebut tetap eksis dari dulu sampai sekarang karena kualitasnya yang tidak diragukan lagi.

Komentar