Curug Bidadari Pekalongan Yang Mempesona !

Pernahkah kalian melihat Bidadari Cantik? , tenyata di Pekalongan ada loh  Bidadari cantik yang dapat kalian lihat bahkan kalian bisa datangi, tapi Bidadari yang satu ini beda dengan Bidadari yang pernah kalian dengar dalam sebuah cerita pada jaman dahulu hehe. Karena Bidadari kali ini merupakan sebuah tempat wisata yang ada di Pekalongan pokoknya tidak kalah cantic Bidadarinya. Namanya Curug Bidadari Pekalongan yang memiliki keindahan yang sangat menarik sehingga dinamakan Curug Bidadari.

Menerik sekali tempat yang masih terbilang sangat asri ini ,dengan pesona alam yang sangat indah dan sejuk membuat pikiran menjadi tenang. Tempat yang satu ini sangat cocok sekali untuk liburan dan sekaligus mencari kedamaian dari padatnya kegiatan yang ada di perkotaan. Memiliki air yang sangat jernih serta menyegarkan akan membuat anda sangat ingin bermian dengan air disana. 

Curug Bidadari Pekalogan
Curug Bidadari Pekalongan
Curug Bidadari Pekalongan via backpackerjakarta.com
Curug Bidadari ternyata memiliki nama lain yang di kenal dengan Curug Dinding Kolam Lima karena memang di setiap sisinya terdapat sebuah batu ytang menyerupai dinding dan ada seperti kolam yang dapat digunakan untuk berenang atau bermain air sebanyak 5 tempat yang ada di sana.

Curug Bidadari memiliki air yang sangat jernih, sehingga banyak sekali orang yang mandi serta berenang di salah satu kolam yang ada disana dan ada sebuah ban atau pelapung yang dapat anda gunakan disana. Kedalam airnya juga tidak terlalu dalam sekitar 50cm sampai 1,5 meter jadi bisa digunakan untuk anak-anak hingga dewasa bisa berenang di kolam tersebut.

Nama Curug Bidadari itu ada asal usulnya gaes, saya kira dulunya ada Bidadari turun dari kahyangan yang pernah mandi disini hehe. Tapi ternyata memang ada sebuah cerita bahwa ada seorang putri yang mandi di 3 lokasi kolam yang ada di curug ini pada saat malam-malam tertentu saja, yang digunakan mandi pertama di curug (air terjun), kedua di pancuran sela-sela batu besar dan yang terakhir di tengah lorong.

Jadi memang selain sebagai tempat wisata, namun menyimpan sebuah cerita rakyat yang masih kental, maka tetap jaga sopan santun jika berkunjung ketempat wisata curug bidadari karena kita sebagai wisatawan harus tetap mejaga etika dan tingkah laku kita serta menjaga kelestariannya.

Situs Sejarah Patung Ganesa
Situs Sejarah Patung Ganesa
Situs Sejarah Patung Ganesa via cahwonotunggal.blogspot.com
Curug Bidadari ini tidak kalah menariknya dengan yang lain karena memiliki keunikan sendiri dari tempatnya yang sangat sejuk dan asri adapula sebuah arca yang menjadi peninggalan pada jama purbakala. Situs sejarah Patung Ganesa ini menjadi daya Tarik tersendiri bagi yang ingin berkunjung ke curug bidadari karena masih dalam satu tempat yang berdekatan dan sebelum menuju curug akan lebih dahulu berjumpa dengan arca Ganesa. Patung Ganesa ini sangat di jaga oleh masyarakat setempat dan di jadikan sebuah situs sejarah yang sampai sekarang dirawat agar tetap melestarikan budaya peninggalan pada jaman dahulu.

Selain itu ada pula curug yang lain berdekatan dengan curug bidadari , curug kalirogno namanya tempatnya juga sangat dekat denga lokasi wisata ini bahkan hanya beda belokan saja. Makanya seperti pepatan sekali dayung 3 pulau terlampaui hehe jadi ketika berkunjung ke wisata curug bidadari kalian bukan hanya satu tempat wisata yang bisa kalian liat, namun 3 sekaligus dengan keindahan dan keuinikan dari masing-masing tempat wisata itu.

Lokasi Wisata
Curug Bidadari Pekalongan
Curug Bidadari Pekalongan via instagram@Curugbidadaripekalongan
Tempat wisata ini berada di Desa Purbo Jolotigo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Namun meskipun secara Geografis menunjungkan bahwa wilayah ini berbatasan langsung dengan Batang sehingga banyak pula yang menyebutkan dengan nama Curug Bidadari Batang karena sungai menjadi pembatas dalam sebuah wilayah tersebut.

Pintu masuknya pula berada di Desa Silurah , Kecamatan Situnggal, Kabupaten Batang karena yang mengelola memang warga setempat.

Untuk menuju lokasi wisata dari  pantura melewati kota Pekalongan setelah itu bertemu dengan perempatan Gronggolan kemudian kita menuju pasar warung asem arah selatan. Dari pasar warung asem kita menuju pasar pandan sari kemudian kita mencari jalur ke arah wonotunggal trus jalan raya bandar belok kanan kea rah jalur Talun.

Patokannya adalah Desa Silurah,jadi kita harus mencari desa tersebut namun jangan kawatir karena disepanjang perjalanan sudah ada petunjuk jalan yang telah terpasang. Namun jika belum yakin kalian bisa Tanya dengan warga setempat agar lebih meyakinkan kalian agar cepat sampai lokasi wisatanya.

Harga Tiket
Curug Bidadari Pekalongan
Curug Bidadari Pekalongan via instagram@curugbidadaripekalongan
Untuk harga tiket masuknya cukup murah meriah, hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000,- per orang dan parkir motor Rp. 2.000,- jadi sungguh sangat murah meriah.  Mulai buka tempat wisata ini dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 sore hari. Jadi jika kesini agar lebih pagian sehingga bisa menikmati wisata curug bidadari lebih lama.

Spot Foto
Curug Bidadari Pekalongan
Curug Bidadari Pekalongan via instagram@curugbidadaripekalongan
Curug Bidadari Pekalongan
Curug Bidadari Pekalongan via instagram@nita_nitataa
Curug Bidadari Pekalongan
Curug Bidadari Pekalongan via instagram@vionita683
Buat kalian yang suka dengan foto selfi atau untuk mengabadikan moment liburan kalian, maka tempat ini juga bisa menggunakan background pemandangan alam yang sangat indah, ada curug yang memiliki air jernih, bukit yang begitu indah, ada pula tempat khusus yang bertuliskan curug bidadari yang telah dibuat khusus. Pokoknya banyak sekali spot foto yang bisa kalian ambil di curug bidadari ini. 

Tips Wisata
Untuk tips wisata kali ini tentunya sebelum berlibur ke suatu tempat harus mempersiapkan segala hal yang akan dilakukan di sana. Kemudian dalam berlibur di suatu tempat tetap menjaga kebersihan dan kelestarian dari tempat wisata yang ada dengan tidak membuang sampah sembarangan. Semoga liburan yang kalian lakukan dapat bermanfaat dan pastinya happy gaes. 

Komentar