Telaga Mangunan, wisata terbaru di Petungkriyono Pekalongan !

Pekalongan memiliki tempat wisata yang saat ini menjadi perbincangan banyak orang yang ingin berkunjung kesana, salah satu tempat wisata terbaru yang ada di Pekalongan ini sedang digarap untuk dijadikan tempat wisata. Telaga Mangunan namanya sebuah tempat yang memiliki keindahan alam dan telaga yang sangat menawan menjadi daya Tarik para pengunjung, bukan hanya itu tempat ini juga menyimpan cerita misteri yang menjadi legenda yang di percaya oleh masyarakat setempat. Itulah menjadi daya Tarik para wisatwan yang berkunjung ketempat tersebut.

Telaga Mangunan
Telaga Mangunan
Telaga Mangunan via @harso_semut
Telaga mangunan yang terletak di pegunungan Petungkriyono kabupaten Pekalongan, tepatnya di Dusun Mangunan, Desa Tlogohendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalogan. Tempat yang terbilang sangat baru ini dan baru bisa di akses oleh wisatawan akhir2 ini memang masih dalam tahap penggarapan untuk di jadikan tempat wisata, tetapi sudah banyak yang berkunjung ke sana karena penasaran dan ingin berfoto di lokasi wisata yang memiliki sebuah telaga yang sangat indah.

Telaga mangunan memiliki suasana yang sangat sejuk bahkan kadang berkabut tebat dan tiba-tiba turun hujan. Keadaan ala mini sangat mirip sekali dengan yang ada di daerah Dieng karena memang berbatasan secara langsung dengan wilayah Dieng sehingga iklim dan cuacanya hampir mirip sekali. 

Saat menuju lokasi telaga mangunan pun tidak kalah indahnya di sepanjang perjalanan anda akan di suguhkan berbagai pemandangan alam yang sangat menawan seperti bukit yang tinggi, hamparan lading warga, lading sayuran sudah mirip sekali saat anda berwisata ke Dieng. Pokoknya tempatnya tidak kalah indah dengan tempat wisata yang lainnya.
Telaga Mangunan
Telaga Mangunan  via @triztanrhamadhan
Telaga Mangunan ini memiliki kurang lebih sekitar 25 hektar yang sekelilingnya tebing dan hutan yang masih sangat asri dan sejuk. Selain itu tempat ini di bagi menjadi 3 bagian yaitu Telaga Wadon, Telaga Lanang dan Telaga Mangunan yang memiliki luas lebih lebar dari telaga yang lainnya. 

Meskipun belum secara resmi di buka untuk umum namun sudah banyak pengunjung yang datang ke lokasi wisata satu ini kebanyakan karena mereka merasa penasaran dengan banyaknya postingan tentang Telaga Mangunan yang sedang hits di kalangan anak muda media social.

Tidak jauh dari pusat kota Pekalongan untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil kurang lebih akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Akses untuk menuju lokasi wisata tidak terlalu sulit untuk dijangkau karena memang jalannya sudah beraspal dan ada petunjuk jalannya yang meskipun belum terlalu lengkap, dan untuk dekat dengan telaganya jalan masih belum ada aspanya atau masih tanah liat karena masih dalam proses pengerjaan oleh warga sekitar yang ikut membantu proses penggaran wisata telaga mangunan.

Selain Telaga Mangunan pasti sudah banyak yang tau tentang wisata apa saja yang sudah terkenal di Petungkriyono ini. Memang cukup banyak juga sih yang menarik seperti curung bajing, curung muncar, curug lawed an weloriver, pokoknya tempat wisata ini sangat cocok buat kalian yang suka dengan tantangan dan ingin melihat keindahan alam yang sangat menawan ini. Agar bisa menghilangkan sedikit kebisingan yang ada di daerah perkotaan.

Harga Tiket Masuk
Telaga Mangunan
Telaga Mangunan  via @disinipekalongan
Untuk masuk tempat wisata ini masih dalam tahap penggarapan jadi rencanya akan dikenakan biaya masuk untuk Telaga Mangunan seharga Rp. 8.000,- per orang dan untuk parkir kendaraan Rp. 2.000,- per motor. Namun masih menunggu peresmian karena masih banyak yang harus dibersihkan dari tempat wisata tersebut dan belum ada penjaga disana. Warga sekitar masih bergotong royong dalam membersihkan dan membuat jalan untuk akses masuk menuju lokasi telaga mangunan.

Fasilitas Wisata
Telaga Mangunan
Telaga Mangunan  via @riansindoro08
Meskipun masih dalam tahan pengerjaan namun sudah ada beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan salah satunya penyewaan perahu sehingga anda bisa melihat secara langsung ke tengah telaga mangunan tersebut. Pokonya akan menjadi hal yang sangat menarik dengan menggunakan perahu di tengah telaga mangunan.

Dan rencannya akan juga akan membuat tempat khusus untuk Camping Ground yang dapat digunakan untuk menikmati malam di telaga mangunan ini, tinggal menunggu proses selanjutnya sampai tempat ini siap untuk digunakan ya gaess, pokoknya tetap bersabar.

Misteri dan Tradisi Telaga Mangunan
Telaga Mangunan
Telaga Mangunan  via @agoesvigliosi
Ternyata selain memiliki keindahan alam yang sangat menawan ada sebuah misteri yang tersimpan di tempat ini. Begitu banyak cerita dari masyarakat sekita yang sangat mempercayai tentang cerita yang sudah berkembang di tempat ini, dan menjadi sebuah tradisi tahunan untuk menghormati yang menghuni telaga mangunan ini.

Salah satu tradisi yang masih terus di lakukan oleh warga setempat desa Tlogohendro melaksanakan upacara sadranan . warga setempat sangat percaya dengan dilaksanakannya upacara ini akan memberikan dampak baik bagi warga desa tlogohendro. Bulan Sura akan digelar upacara nyadran tepatnya setiap kamis wage, semua itu dilakukan selain rasa syukur warga percaya dengan menghaturkan doa kepada Tuhan maka akan selalu diberikan perlindungan dan terhindar dari segala bencana. Misteri adanya penghuni telaga mangunan ini yang disebut dengan nama Nyi Baruklinting yang di gambarkan sebagai sosok ular yang memiliki kepala manusia bersemayan di telaga itu, warga setempat sangat percaya dan saling meghormati dengan adanya cerita tersebut.

Salah satu tradisi yang di lakukan warga pada saat upacara nyadran yaitu dengan mempersembahkan satu ekor kepala kerbau yang nantinya akan dibenamkan kedalam telaga mangunan itu sebagai sesembahan kepada penunggu telaga dan rasa hormat agar hidup saling berdampingan. Warga setempat tetap menjaga tradisi ini turun temurun hingga sampai sekarang.

Sehingga buat yang berkunjung ke telaga mangunan ini tetap menjaga sopan santun baik tingkah laku maupun perkataan kita pada saat berada ditempat ini bahkan dimana itu kita harus tetap menjaga sopan santun.

Tips Berwisata
Menarik bukan tempat wisata yang satu ini selain memiliki misteri dan mitos yang masih berkembang di masyarakat setempat bahkan sangat dipercaya oleh warga, namun mempunyai keindahan alam yang tidak bisa kita pungkiri. 

Jadi jika kalian berkunjung ketempat wisata Telaga Mangunan tetap jaga sopan santun ya gaes baik perkataan maupun tingkah laku, trus jaga kebersihan juga dengan membuang sampah pada tempatnya agar tempat wisata ini tetap terlihat indah dan lestari. Dan yang terpenting tetap jaga keselamatan dan jaga barang berharga kalian jangan sampai hilang gaes, ingat juga bawa makanan dan cemilan karena masih sedikit yang jualan disana gaess.

Dan yang terakhir jangan pergi sendirian ajak teman, keluarga bahkan pacar kalian gaes biar tambah seru liburannya, enjoy gaes

Komentar