Museum Batik Pekalongan Daya Tarik Wisata untuk Melestarikan Budaya

Pekelongan merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki ciri khas dan daya tarik yang unik, seperti wisata alam, Adat istidat, pantai hingga makanan khas yang beraneka ragam. Namun ada yang lebih menarik yaitu kerajinan tangannya yang sangat terkenal di Pekalongan yaitu Batik.

Museum Batik Pekalongan via wikipedia

Batik merupakan warisan budaya leluhur yang sampai saat ini masih di lestarikan karena keindahan dari setiap motif batik yang beraneka ragam. Batik pula yang menjadi salah satu identitas bangsa ini yang sangat di kagumi oleh bangsa lain, bahkan hari Batik Nasional diperingati pada setiap tanggal 2 Oktober untuk melestarikan budaya batik nusantara.

Pekalongan dikenal sebagai Kota Batik bahkan di akui oleh dunia internasional dengan di bangunnya Monumen Pekalongan Word City Of Batik. Sehingga batik yang ada di Nusantara ini sangat di kagumi oleh bangsa lain karena keindahan dari setiap corak maupun motifnya.

Dalam mempertahakan warisan budaya nusantara maka Pekalongan membangun sebuah Museum Batik yang di dalamnya menyimpan berbagai koleksi batik pesisir, pedalaman hingga daerah jawa bahkan ada pula batik dari daerah lain seperti Kalimantan, Papua, Sumatera dan berbagai jenis kain batik mancanegara.

Bangunan yang beridiri sejak tahun 1906 yang pada waktu itu fungsinya adalah sebagai kantor administrasi Pabrik gula, hingga beralih fungsi beberapa kali waktu pemerintahan Belanda dan pada akhirnya saat ini di jadikan museum Batik Pekalongan.

Pada tanggal 12 juli 2006 akhirnya museum ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Dan sekarang museum ini menjadi salah satu pusat data dan informasi tentang batik dan sekarang koleksi batik yang dimiliki museum ini sekitar 1149 koleksi batik.

Selain sebagai muesum batik ,ternyat disana juga di pakai sebagai pusat pelatihan batik dan pusat pembelajaran batik. Jadi bagi para pengunjung selain dapat berwisata juga dapat ilmu untuk membuat batik secara langsung.

Nah ,berikut beberapa koleksi batik yang ada di Museum Batik Pekalongan.






sebagai generasi muda kita wajib melestarikan budaya nusantara jangan sampai di akui oleh bangsa lain, maka dari itu kita harus tahu sejarah batik yang ada di daerah kita dan paling penting budayakan mengenakan batik sebagai salah satu identitas bangsa ini. 

Dan jangan lupa untuk mengunjungi Museum Batik Pekalongan karena disana kalian akan bisa belajar banyak tentang batik mulai dari sejarahnya, jenis batik hingga cara membuat batik akan di ajarkan disana.

Komentar